Minggu, 05 April 2009

TiPs

AIR ES PICU SERANGAN JANTUNG

Minum air es atau air dingin dari kulkas sehabis makan apalagi di siang hari menjadi kebiasaan sehari-hari warga atau mereka yang tinggal di kota-kota besar. Air es , baik berupa air putih atau dicampur es ( es teh manis ) memang sangat klop apalagi zaman sekarang serba instan. Botol dan kotak dari kulkas juga menjadi barang yang sangat gampang dan mudah.

Inilah bagian dari gaya hidup perkotaan. Namun, gaya hidup ini ternyata tidak sehat malah bisa berakibat fatal. Secara medis air es atau minum air dingin secara terpisah (tanpa makan) tidak bermasalah namun akan menjadi masalah bila minum air es tersebut secara bersamaan atau selepas makan.

Dalam analisis kedokteran, air es akan membekukan makanan berminyak yang baru kita makan dan juga memperlambat proses pencernaan. Bila lemak-lemak ini terbentuk didalam unsur, ia akan menyempitkan banyak saluran dan lama kelamaan akan menyebabkan lemak berkumpul dan kita semakin gemuk. Nah, kegemukan inilah yang menyebabkan berbagai penyakit diantaranya resiko serangan jantung.

Mungkin yang harus ditiru kebiasaan orang cina dan jepang, kenapa sehabis makan mereka selalu minum air hangat, sup panas dan teh panas. Ternyata memang secara medis itulah gaya hidup yang sangat dianjurkan.

Sumber : Pontianak Post, 29 Maret 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar